Tuesday 5 July 2016

[FM TOOL] FM Coach Calculator


Peran seorang pelatih di sebuah klub tentu sangat penting. Di sepakbola, pelatih berperan membantu pelatih kepala dalam menjalankan menu latihan kepada para pemainnya. Tak jarang, pelatih juga acap kali bertugas layaknya assistant pelatih yang ikut campur dalam urusan taktik dan strategi. Di sebuah game bernama Football Manager, posisi pelatih juga tidak kalah vitalnya. Sebuah tim yang kita latih dapat menuai banyak prestasi, tentu tidak lepas dari andil seorang pelatih. Kontribusi pelatih inilah yang membuat tim kita menjadi lebih kuat dan solid. Bahkan tidak sedikit pemain akan menjadi hebat berkat polesan dingin sang pelatih. Ya, selain memberikan menu latihan, merekomendasikan pemain & taktik, pelatih juga dapat membantu menciptakan & memoles bibit-bibit pemain muda yang kelak akan menjadi pemain kelas dunia.

Di FM, pelatih dibagi menjadi 3 kategori yakni GK Coach (Shot Stopping & Handling), Fitness Cocah (Strengh & Aerobic) & General Coach (Attacking, Defending, Ball Control, Tactical, Shooting). Slot atau kuota pelatih yang disediakan tentu berbeda-beda setiap timnya. Di sinilah kita dituntut untuk cermat dalam memaksimalkan kuota pelatih yang diberikan oleh tim. Namun sering kali, kita masih saja keliru dalam meng-hire pelatih tersebut. Alhasil, tim yang kita latih tidak dapat berkembang dengan baik, termasuk para pemainnya.

Beruntung di FM terdapat tool ajaib yang membantu kita dalam memilih seorang pelatih. Dan tool tersebut bernama ‘FM Coach Calculator’. Saya pribadi sudah menggunakan tool ini sejak pertama kali bermain FM yakni mulai FM 2010 sampai sekarang di FM 2016 dan tentu sangat terbantu dengan keberadaan tool tersebut. Sesuai namanya, tool ini layaknya sebuah kalkulator mini, di mana ketika kita mengisikan angka-angka di form tersebut, secara otomatis tool tersebut akan menggenerate & memunculkan hasil yang nantinya menandakan posisi apa yang tepat untuk si pelatih yang kita pilih tersebut.



Tampilan FM Coach Calculator

Cara memakainya cukup mudah, buka file atau ekstrak file FM Coach Calculator tersebut. Lalu isikan angka-angka yang sesuai dengan pelatih yang akan direkrut.

Note : minimal anda harus menginstall adobe reader terlebih dahulu,karena file ini berformat .pdf
Jika anda berminat, bisa diunduh di sini:


Jadi masih mau bertanya tentang siapa pelatih yang bagus buat tim anda? J

Shared article by Dwiky FM Loverz
, , ,

No comments:

Post a Comment